Rabu, 08 Februari 2012

PENGERTIAN "SA'AH" DAN "QIYAMAH"


PENGERTIAN “SA’AH” DAN “QIYAMAH”
A’udzubillahiminasyaithonirrojim
Bismillahirrohmanirrohim.
Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

Mungkin selama ini kebanyakan dari kita berpengetahuan bahwa Hari Kehancuran itu adalah hari Qiyamat. Tapi benarkah demikian…? Marilah kita mencari tentang hal itu tentunya dalam  Al Qur’anul Karim.
Didalam Al Qur’an Alloh menggunakan kata “ SA’AH “ yang berarti Hari dimana dihancurkannya seluruh Jagad Raya / Alam semesta.
Note :  Agar tidak salah persepsi, tetap ditulis apadanya “ SA’AH “ ( bahasa Arabnya ). Rujukannya sbb  :

QS. 7 ( 187 ) Yas ‘alunaka ‘Ani As-Sa’ati Ayyana Mursaha, ……
Mereka menanyakan kepadamu tentang “ SA’AH “: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui".

QS. 43 ( 61 ) Wa ‘innahu La ‘ilmun Lissa’ati Fala Tamtarunna Biha Wa Attabi ‘uni……
Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari “ SA’AH “. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus.

QS. 16 ( 77 ) …… Wa Ma ‘amru As Sa’ati Illa kalamhi Al basari aw huwa ‘aqrabu…..
Dan kepunyaan Allah-lah segala apa yang tersembunyi di langit dan di bumi. Tidak adalah kejadian “ SA’AH “ itu, melainkan seperti sekejap mata atau lebih cepat (lagi). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

QS. 47 ( 18 ) Fahal yan dhuruna ‘illa As Sa’ata ta’tiyahum baghtatan…….
Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari “ SA’AH “ (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya. Maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila Kiamat sudah datang?

QS. 22 ( 1 ) Ya ‘ayyuha An Nasu Attaqu Rabbakum ‘Inna zalzalata As Sa’atu shayun ‘adhimun.
Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu; sesungguhnya kegoncangan hari “ SA’AH “ itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat).

QS. 22 ( 7 ) Wa ‘Anna As Sa’ata ‘Atiyatun la Rayba fiha Wa ‘Anna Allaha yab ‘athu Man Fi Al Quburi.
dan sesungguhnya hari “ SA’AH “ itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.
Dalam beberapa ayat tersebut diatas, Alloh menyebut bahwa Hari Kehancuran itu adalah “ SA’AH “.

Sekarang kita lihat beberapa Ayat dalam Al Qur’an, bahwa Alloh menggunakan istilah “ QIYAMAH “ yang berarti Hari Berbangkit atau Hari berdirinya kembali setelah dihancurkan.

QS. 3 ( 185 ) Kullu Nafsin dha’iqatu al Mawti Wa ‘Innama Tuwaffawna ‘Ujurakum Yawma Al Qiyamati…..
Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari “ QIYAMAT “ sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.

QS 17 ( 58 ) Wa ‘In Min Qaryatin ‘Illa Nahnu Muhlikuha Qabla Yawmi Al Qiyamati ‘Aw Mu ‘adhdhibuha ‘Adhabaan Shadidaan…..
Tak ada suatu negeripun (yang durhaka penduduknya), melainkan Kami membinasakannya sebelum hari “ QIYAMAT “ atau Kami azab (penduduknya) dengan azab yang sangat keras. Yang demikian itu telah tertulis di dalam kitab (Lauh Mahfuzh).

Nahhh…. Setelah kita lihat  analisa ayat-ayat Alloh tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa :
SA’AH adalah hari Kehancuran Alam Semesta ini dan QIYAMAH adalah hari diberdirikannya kembali alam semesta ini setelah hari kehancuran tadi ( SA’AH ). Di sini nanti hanya ada dua yaitu SURGA dan NERAKA atau Kampung Akherat. Dan ini konkret/nyata bukan bayangan saja.

Perlu diketahui bahwa Kalo seseorang telah ditempatkan ke dalam Neraka itu adalah KEKAL. Jadi kalo selama ini ada yang beranggapan bahwa di Neraka nanti Cuma sebentar, dalam artian dosa-dosa kita dibersihkan dulu, setelah bersih terus dipindahkan ke Surga, itu SALAH BESAR. Karena di akherat kelak itu adalah HARI PEMBALASAN, bukan HARI PELEBURAN DOSA.

Skema Kehidupan untuk Alam Semesta :
TIADA     |     ADA    |    SA’AH   |   QIYAMAT
Skema Kehidupan untuk Manusia : QS. 2 ( 28 )
MATI     |     HIDUP   |    MATI   |   HIDUP

Mudah-mudahan yang sedikit tersebut diatas, bisa menambah pemahaman kita dan tidak menjadi salah persepsi antara HARI SA’AH dengan HARI QIYAMAT.

Wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh

1 komentar: