Jumat, 24 Februari 2012

Ujud Syukur Setelah Kelahiran Anak


A’udzubillahiminasyaithonirrojim
Bismillahirrohmanirrohim.
Assalamualaikum…
Nabi Ibrahim juga sebagai uswatun hasanah, dulu QS. 37 (100) ini adalah permohonan Nabi Ibrahim kepada Alloh agar diberikan keturunan / anak yang sholeh/sholehah. Seharusnya atau lebih afdol lagi doa ini dibaca sebelum kita mempunyai anak. Tapi kebanyakan orang tidak mengetahuinya, justru setelah anak-anaknya sudah gede-gede baru dibaca. Biasanya sehabis sholat kita baca doa ini kan….?
QS. 37 (100) Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.
Menyiapkan nama bagi anak kita yang akan lahir memang perlu, karena nama yang baik diharapkan tingkah laku dan budi pekertinya kelak sebaik namanya. Akan tetapi yang paling penting lagi adalah bagaimana mensyukurinya setelah kelahiran anak kita. Ujud syukur yang sesungguhnya dalam QS. 16 (78) itu adalah : Bagaimana kita menggunakan Tiga Perangkat ( SAM’A = Pendengaran, ABSORO = Penglihatan, AF ‘IDAH = Hati / Qolbu)  yang telah Alloh berikan dengan sebaiknya sesuai dengan Kehendak Alloh.

QS. 16 (78) Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.
1)  Apakah kita sudah menggunakan Pendengaran kita sebaik-baiknya….? Apakah sering untuk mendengarkan yang baik-baik….? Apakah sering untuk mendengarkan Ayat-ayat Ar Rohman jika ada yang menganalisakannya….? Apakah malah menutup telinga bak orang tuli….?
2)  Apakah kita sudah menggunakan Penglihatan kita sebaik-baiknya….? Apakah sering untuk Tadabur Alam disekitarnya…? Agar kita bisa mengambil segala sesuatu Hikmah / Pelajaran yang kita temui setiap harinya dimanapun berada….?
3)  Apakah kita sudah menggunakan Hati / Qolbu kita juga sebaik-baiknya….? Agar kita bisa memahami segala sesuatu tentang Kehendak Alloh yang sebenarnya. Apa justru kita meng-Kunci mati Hati kita….? Kalo memang demikian, benar Kata Alloh : Yang buta itu sebenarnya bukan Mata yang ada dikepala, melainkan Hati/Qolbu yang ada dalam dada.

Itulah sebenarnya makna Mensyukuri setelah kelahiran anak kita. Karena betapa banyaknya orang yang namanya indah, bagus, akan tetapi perilakunya bertolak belakang dengan namanya. Tanggung jawab yang besar bagi kedua orangtuanya untuk menjadikan ke Tiga Perangkat tadi agar sesuai dengan yang Alloh harapkan.
 
Wassalamualaikum….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar